Ragam Kegiatan Siswa dan Orang Tua Selama MPLS

Berita Hits: 6324

logo bwMasa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di mulai pada tanggal 12 Juli 2019. Di awal tahun ajaran, sekolah diwajibkan melaksanakan MPLS sebagai pengganti Masa Orientasi Sekolah (MOS). Ketentuan MPLS untuk tahun ajaran ini masih mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 18 Tahun 2016. Tujuan utama MPLS adalah membangun suasana ramah, aman, nyaman dan menyenangkan bagi calon siswa baru. Karenanya, kegiatan perploncoan, hukuman fisik tidak mendidik atau pembulian senior kepada junior dilarang untuk dilakukan dalam MPLS. Lalu kegiatan apa saja yang dapat dilakukan siswa dan orangtua selama MPLS di SMK Budhi Warman 2?

Bapak Kepala Sekolah SMK Budhi Warman 2, Bapak Munjaeni, menyampaikan, MPLS dapat dijadikan sarana bagi siswa baru untuk melatih sosialisasi.

Ragam kegiatan siswa selama MPLS:

  1. Berkenalan dengan siswa baru lain dan kakak kelas.
  2. Pengenalan sekolah kepada siswa baru oleh guru dibantu kakak kelas.
  3. Kakak kelas menceritakan pengalaman positif di sekolah.
  4. Mengenalkan ragam kegiatan ekstrakurikuler.

Ragam kegiatan orangtua

Tidak hanya bagi siswa baru, MPLS juga menjadi sarana bagi orangtua untuk membangun suasana positif dan menyenangkan di sekolah bersama para pendidik.

  1. Menyediakan kebutuhan dan perlengkapan sekolah.
  2. Menyiapkan sarapan dan makan bersama.
  3. Mengantar anak ke sekolah.
  4. Berinteraksi dengan wali kelas untuk menitipkan anak di sekolah.

Dalam surat edaran yang ditujukan kepada seluruh orang tua siswa yang baru, Bapak Munjaeni, menghimbau kepada para orangtua siswa baru untuk mengantar anak pada hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru.

Ada 3 hal ditekankan oleh Bapak Munjaeni terkait hari pertama masuk sekolah, yaitu:

  1. Kepala sekolah dan guru diharapkan menyambut siswa baru dan orangtua yang mengantar.
  2. Kepala sekolah dan guru berinteraksi dengan siswa baru dan orangtua murid yang mengantar.

Mengingatkan pihak sekolah dan orangtua bertukar nomor telepon atau kontak lain untuk memudahkan komunikasi dalam menjalin komitmen bersama untuk pendidikan yang lebih positif dan menyenangkan.

Print